Minggu, 11 Desember 2016

Rangkaian Pengendali Motor MOSFET

       Hello Kawan Elektronika,, kali ini saya akan memberikan suatu rangkaian pengendali motor DC dengan menggunakan MOSFET sebagai drivernya. 

Berikut rangkaiannya :



Cara kerja rangkaian diatas adalah:
Rangkaian ini terdiri dari 3 bagian utama, yaitu : bagian astabil osilator, driver, dan plant.

Nih, biar lebih jelas bagian2nya:




Bagian Osilator Astabil

          Bagian osilator astabil digunakan untuk mengatur pulsa yang nantinya akan diberikan ke bagian driver MOSFET, dimana pulsa tersebut telah diatur frekuensi keluarannya.
frekuensi keluaran dari osilator ini salah satu nya diatur oleh perbandingan besarnya nilai kapasitor C1 dan C4. 
             Bagian osilator astabil akan mengoutputkan pulsa dengan persentase duty cycle yang dapat diatur dengan cara mengubah-ubah nilai resistansi dari potensio meter RV1. Semakin besar nilai resistansinya, maka semakin besar juga nilai persentase duty cyclenya. 


Bagian Driver

          Bagian driver ini digunakan untuk mendrive plant, pada bagian ini digunakan MOSFET sebagai drivernya. MOSFET adalah suatu komponen thrystor dengan input pulsa dan output DC, jadi MOSFET ini nantinya akan menerima input pulsa dari bagian astabil osilator, sehingga dapat mengatur kecepatan putaran plant (motor). Semakin besar persentase duty cycle yang diterima oleh MOSFET, maka kecepatan putaran plant (motor) akan semakin cepat. 


Bagian Plant 

               Bagian plant ini adalah bagian dimana komponen apa yang akan kita atur. Pada bagian plant ini kita menggunakan motor sebagai plant nya. bisa juga, plant nya diganti oleh lampu DC untuk mengatur intensitas cahaya (kecerahan lampu).


Berikut video simulasi nya di ISIS :




Mungkin segitu dulu kawan,, selamat belajar. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar